Hendropriyono Dinilai Tepat Pimpin PKPI


Jakarta - DPP PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas terpilihnya Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Hendropriyono dipercaya bakal menjaga Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Kebhinekaan Indonesia.

"Pak Hendropriyono memiliki kesadaran sejarah yang kuat untuk terus menjaga kokohnya Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Kebhinekaan Indonesia. Saya mengenal Pak Hendro sebagai pemimpin yang matang, ahli strategi, dan memiliki pergaulan luas," kata Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Selasa (30/8/2016).

Hasto menuturkan, Hendropriyono adalah sosok patriot yang paham bagaimana partai politik hadir sebagai institusi demokrasi. Kehadiran partai politik sangat penting untuk menjalankan fungsi pendidikan politik, kaderisasi kepemimpinan, komunikasi politik, dan fungsi agregasi kepentingan rakyat untuk dijabarkan dalam keputusan politik partai.

Hasto menilai gagasan para senior TNI seperti Try Sutrisno yang mendaulat Hendropriyono untuk memimpin PKPI merupakan keputusan tepat. "Pak Hendro akan mendorong bagaimana PKPI segera melakukan konsolidasi internal, dan terlibat aktif di dalam egenda besar untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian," ujar Hasto.

Model kepemimpinan Hendro, kata Hasto, pasti banyak melibatkan kaum muda. Dengan kepemimpinan Hendropriyono, akan terjadi kombinasi menarik antara sosok yang memiliki pengalaman luas di intelijen dan kemudian meleburkan diri dalam kegiatan politik.

"PDI Perjuangan berharap dengan kepemimpinan PKPI baru tersebut kerjasama di dalam memperkuat demokrasi melalui penguatan kelembagaan partai dapat terus dijalankan," kata Hasto.

PDI Perjuangan, lanjut Hasto, percaya bahwa dengan posisi politik Hendropriyono tersebut maka kerjasama yang sudah terjalin sebagai sesama Partai Pemerintah dapat ditingkatkan.

Sebelumnya, seperti dikutip Antara, Kongres Luar Biasa PKPI yang digelar di Hotel Millenium, Jakarta, dan dihadiri utusan 33 provinsi dan 498 kabupaten/kota pada Sabtu 28 Agustus, memilih secara aklamasi Jenderal TNI (Purn) A.M. Hendropriyono.

Dalam pidato politiknya, Hendropriyono menyatakan kesiapannya mengemban amanah memimpin PKPI. "Sebagai prajurit Saptamarga, karena perkembangan keadaan strategis global dan nasional yang memprihatinkan sekarang, dengan ini saya menyatakan siap untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Hendropriyono.

Hendropriyono bertekad membangun PKPI dengan terus melahirkan kader-kader kompeten yang dapat berkontribusi bagi Tanah Air. "Saya akan menempatkan tokoh-tokoh senior sebagai penasihat dan menggerakkan tokoh muda sebagai pengurus dari tingkat nasional hingga desa, serta melibatkan organisasi masyarakat untuk mencapai visi dan misi partai," kata mantan kepala BIN itu.

sumber :

(http://news.metrotvnews.com/read/2016/08/30/576146/hendropriyono-dinilai-tepat-pimpin-pkpi)

Hendropriyono Official Site Sang Jendral. Yang menjadi prof Intelijen pertama di Dunia

Disqus Comments